Minggu, 10 April 2011

Pengertian Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hanya sekedar informasi buat Sobat...
Ini mengenai Apa itu Tri dharma perguruan tinggi
Tri dharma perguruan tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa agar dapat tercipta mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah:

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka menerusakan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Dalam pendidikan tinggi dinegara kita dikenal dengan istialh strata, mulai dari strata satu(S-1) yaitu merupakan pendidikan program sarjana, strata dua(S-2) merupakan program magister dan strata tiga (S-3) yaitu pendidikan doktor dalam sutau disiplin ilmu,serta pendidikan jalur vokasional/non gelar(diploma).



2. Penelitian dan pengembangan

Kegiatan penelitain dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitain,m aka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian ini tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dalam pembangunan dalam arti luas. artinya penelitain tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan oleh masyarakat pada saat itu saja,akan tetapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan. Dengan kata lain penelitian dipergurun tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja,tetapi juga sekaligus melaksanakn penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh dimasa yang akan datang.



3. Pengabdian pada masyarakat

Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartiakan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian.Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit(Tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.



Ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui Pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

23 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. nice post kang, jadi mengerti bedanya siswa dan mahasiswa . jgn lupa nimbrung di blog ane juga ya kang
    walidthohari.blogspot.com
    terima kasih kang

    BalasHapus
  3. mantap gan, saya punya tugas tentang tri dharma ni. visit back blog ku juga. dexwazhard.blogspot.com

    BalasHapus
  4. nice post gan,..
    apakah setiap point mewakili tingkat strata pendidikan gan? contohnya pendidikan dan pengajaran pada point satu, dapat dikatakan pemenuhan strata 1 terhdapat tingkat pemenuhan point tri darma masih berada pada point 1 dan seterusnya s2 pemenuhan untuk point 2 and s3 pemenunuhan terhadap point 3,.

    s1 pengkajian teori (skripsi)
    s2 analisa / pengembangan teori(thesis)
    s3 pengabdian (disertasi),.

    thanks gan

    BalasHapus
  5. Mahasiswa yang luar biasa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi. thanks bang entrinya bermanfaat :D

    BalasHapus
  6. Apa saja contoh pngabdian masyarakat untuk dosen pendidikan matematika

    BalasHapus
  7. thank's gan kebetulan ane lagi diminta jadi narasumber tentang masalah ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
  8. makasih...
    ijin buat post di blog ku ya...

    BalasHapus
  9. thanks gan info nya bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Terima Kasih Banyak infonya Kak, sangat membantu :)

    BalasHapus
  11. Pemapaaran yang penting, semoga seluruh civitas akademik dapat melaksanakan tiga hal Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan setulus-tulusnya.

    BalasHapus
  12. Seharusnya hapuskan trii dharma perguruan tinggi , karena ini terlalu memberatkan mahasiswa dan dosen. Selain itu tugas pengabdian dimasyarakat telah ada instansi dan badan yang melaksanakannya, dimana pegawai2nya diberikan gaji yang besar (lebih besar dari gaji dosen). Untuk kemajuan indonesia maka tri dharma harus dihapuskan.

    BalasHapus
  13. Visit Our Blog, Thanks you For Sharing , Make Share It And Keep Going To Do....
    www.ninonurmadi.com

    BalasHapus
  14. tridarma adalah agama yang suci, dan menghormati leluhur yang sudah dipanggil oleh yang maha kuasa. nice sharing, please Visit my site rubahputih.com

    BalasHapus
  15. tridarma ini ajaran kebudayaan leluhur tionghoa yang dimana dipercaya ketika kita mengalami kematian maka akan langsung melanjutkan kehidupan abadi sambil menunggu reinkarnasi. jangan lupa kunjungi juga video saya yang mengisi beberapa tempat foto bagus jakarta untuk menemani sobat yang lagi cari spot foto bagus di jakarta dimana saja sih

    BalasHapus